GENS UNA SUMUS

KITA ADALAH SATU KELUARGA

Senin, 04 Oktober 2010

Tim Putra Indonesia di Olimpiade Catur 2010 di peringkat 67

JAKARTA: Regu catur putra Indonesia menutup pertarungan terakhir Olimpiade Catur 2010 di Khanty Mansiysk, Rusia dengan menahan imbang Monggolia 2-2 dan menempatkan diri pada peringkat ke-67 dari 115 regu yang berlaga.

Pertarungan Indonesia melawan Mongolia menempatkan MF Anjas Novita (2.356) menghadapi MF Namkhai Battulaga (2.421) di meja tarung ke-34. Anjas ditundukkan lawannya karena permainannya tidak bisa berkembang, seperti dilaporkan kapten tim Indonesia Kristianus Liem kepada Bisnis dari Khanty Mansiysk, hari ini.

Namun MI Irwanto Sadikin (2.419) mampu menahan remis GM Bazar Khatanbaatar (2.392), diikuti kemudian kemenangan papan pertama Indonesia GM Susanto Megaranto (2.516) yang mengalahkan GM Bayarsaikhan Gundavaa (2.460).

Partai pertarungan yang dimainkan MI Taufik Halay (2.358) melawan Ganzorig Erdene (2.330) semula diprediksi dimenangkan Taufik. Namun setelah berjalan hingga empat jam, perlawanan yang dilakukan Ganzorig membuat partai berakhir remis.

"Tidak terjadi kejutan pada babak terakhir Olimpiade 2010. Ukraina keluar sebagai juara setelah bermain imbang 2-2 melawan Israel yang sebelumnya juga sempat ditahan seri oleh putra Indonesia," ujar Kristianus Liem.

Ukraina mengumpulkan 19 match poin (MP) pada pertandingan ini, diikuti Rusia I. Tim ini sebenarnya berpeluang mengejar Ukraina, karena hanya mampu bermain imbang 2-2 melawan Spanyol, posisinya tetap tertinggal satu angka dari Ukraina. Rusia I merebut medali perak dengan 18 MP.

Regu Israel merebut perunggu dengan 17 MP. Hungaria sebetulnya berhasil menyamai angka yang direbut Israel setelah menundukkan Poalndia 2,5-1,5 tetapi nilai tie-breaknya masih di bawah Israel.

Tim Catur Olimpiade Indonesia Kembali Bangkit

Tim catur putra dan putri Indonesia kembali unjuk gigi setelah libur sehari dari bertanding di Olimpiade Catur, Selasa, dengan mengalahkan tim ICSC yang berisikan para pecatur tuna rungu yang berasal dari berbagai negara, dan putri menundukkan Turkmenistan di Khanty Mansiysk, Rusia.

Pada pertandingan babak keenam itu, IM Irwanto Sadikin (2419) membuka kemenangan Indonesia melawan IM Salou Sergej . Permintaan remis dari pemain asal Jerman berating 2271 ini ditolak Irwanto, demikian laporan Humas PB Percasi dari Rusia, Selasa.

"Saya sudah bertekad harus menang, apalagi melawan pecatur dengan keterbatasan seperti itu. Malu kalau sampai kalah," kata Irwanto.

Sementara IM Taufik Halay (2358) yang turun di meja tiga justru meminta remis saat melihat posisi bidak-bidak caturnya sudah dalam kondisi tak menguntungkan. Namun Klasan Vladimir (2393) yang berasal dari Serbia itu tampaknya tak paham isyarat yang diberikan Taufik, sehingga pertandingan pun terus berlanjut. Namun tak disangka, kegagalan komunikasi ini justru menghasilkan satu angka lagi.

GM Susanto Megaranto (2516) menambah poin tim putra dengan menundukkan pecatur asal Israel GM Gruenfeld Yehuda (2464). Hanya IM Tirta Chandra Purnama (2400) yang agak kerepotan menghadapi IM Collutis Dullio (2447) yang berasal dari Italia, dan harus puas dengan posisi remis.

Kemenangan tim putra semakin lengkap saat tim putri pun mampu menggulung lawan mereka. Dibuka dengan posisi remis antara WCM Medina Warda Aulia (2011) dan WFM Atabayeva Govel (2116). Disusul kemudian dengan kemenangan WGM Irene Kharisma Sukandar (2372) atas WGM Geldiyeva Mahri (2260).

WCM Chelsie Monica Sihite (2014) pun tak mau ketinggalan, ia pun mengalahkan WFM Ovezova Meiza (2117). Satu-satunya yang menyerah di tangan tim Turmeknistan adalah Dewi AA Citra (1987) yang dikalahkan WFM Haliayeva (2174).
Berikut hasil pertandingan babak keenam:

* ICSC (ICSC) vs Indonesia (INA): 05, 3,5
* GM Gruenfeld Yehuda - GM Susanto Megaranto: 0 - 1
* IM Collutiis Duilio - IM Tirta Chandra: 0,5 - 0,5
* Klasan Vladimir - IM Taufik Halay: 0 - 1
* IM Salov Sergej - IM Irwanto Sadikin: 0 - 1
* Indonesia (INA) VS Turkmenistan (TKM): 2,5 - 1,5
* WGM Irene Kharisma Sukandar - WGM Geldiyeva Mahri: 1 - 0
* WFM Dewi AA Citra - WFM Hallayeva Bahar: 0 - 1
* WFM Chelsie Monica - WFM Ovezova Maisa: 1 - 0
* WFM Medina Warda Aulia - WFM Atabayeva Gozel: 0,5 - 0,5

Akhir Permainan Catur

Akhir Permainan
Tujuan permainan adalah mencapai posisi skak mat. Hal ini bisa terjadi bila Raja terancam dan tidak bisa menyelamatkan diri ke petak lain. Tidak selalu permainan berakhir dengan kekalahan, karena bisa terjadi pula peristiwa seri atau remis di mana kedua belah pihak tidak mampu lagi meneruskan pertandingan karena tidak bisa mencapai skak mat. Peristiwa remis ini bisa terjadi berdasarkan kesepakatan maupun tidak. Salah satu contoh remis yang tidak berdasarkan kesepakatan - tetapi terjadi adalah pada keadaan remis abadi. Keadaan remis yang lain adalah keadaan pat, dimana yang giliran melangkah tidak bisa melangkahkan buah apapun termasuk Raja, tetapi tidak dalam keadaan terancam skak. Dalam pertandingan catur pihak yang menang biasanya mendapatkan nilai 1, yang kalah 0, sedang draw 0.5.

Berbagai versi
Terdapat berbagai macam versi permainan Catur - Catur Klasik, Catur Cepat, Catur Kilat, Catur Buta, Catur Simultan, Catur Tandem, Catur Estafet, Catur Online, Catur Korespondensi, Catur Kartu dan sebagainya.
Juara
Seorang pecatur yang telah memenangi berbagai turnamen berhak mendapatkan gelar catur yang sesuai dengan prestasinya. Dalam dunia catur terdapat beberapa macam gelar - Gelar Internasional yaitu Grandmaster (GM), Grandmaster Wanita (GMW), Master Internasional (MI), Master Internasional Wanita (MIW), Master FIDE (MF), Master FIDE Wanita (MFW), Candidate Master (CM) dan Woman Candidate Master Wanita (WCM). Gelar Internasonal dikeluarkan oleh FIDE (Organisasi Catur Dunia). Dan di Indonesia juga dikenal gelar lokal yaitu Master Nasional (MN), Master Nasional Wanita (MNW), Master Percasi (MP) dan Master Percasi Wanita (MPW). Gelar nasional dikeluarkan oleh PERCASI (Persatuan Catur Seluruh Indonesia).

Arti dan Istilah dalam Catur

Arti istilah catur
Kata catur diambil dari bahasa Sanskerta yang berarti "empat". Namun kata ini sebenarnya merupakan singkatan dari caturangga yang berarti empat sudut. Di India kuno permainan catur memang dimainkan oleh empat peserta yang berada di empat sudut yang berbeda. Hal ini lain dari permain catur modern di mana pesertanya hanya dua orang saja.
Kemudian kata caturangga ini diserap dalam bahasa Persia menjadi shatranj. Kata chess dalam bahasa Inggris diambil dari bahasa Persia shah.

Papan catur beserta 32 bidak catur
Pengaturan
Permainan dilangsungkan di atas papan yang terdiri dari 8 lajur dan 8 baris kotak/petak berwarna hitam dan putih (atau terang dan gelap) secara berselang seling. Permainan dimulai dengan 16 buah pada masing-masing pihak, yang disusun berbaris secara khusus pada masing-masing sisi papan catur secara berhadap-hadapan. Satu buah hanya bisa menempati satu petak. Pada bagian terdepan masing-masing barisan - terdapat 8 pion, diikuti di belakangnya dua benteng, dua kuda (dalam bahasa Inggris disebut knight-ksatria), dua gajah (dalam bahasa Inggris disebut bishop-uskup), satu menteri atau ratu atau ster, serta satu raja.
Gerakan
Sebelum bertanding, pecatur memilih warna buah yang akan ia mainkan. Pemegang buah putih memulai langkah pertama, yang selanjutnya diikuti oleh pemegang buah hitam secara bergantian. Setiap langkah hanya boleh menggerakkan satu bidak saja (kecuali untuk rokade di mana ada dua bidak yang digerakkan). Bidak dipindahkan ke petak kosong, ataupun yang ditempati oleh bidak lawan, yang berarti menangkapnya dan memindahkan bidak lawan dari permainan. Ada pengecualian, yaitu untuk gerakan en passant.
Setiap bidak catur memiliki gerakan yang unik sebagai berikut:
• Raja dapat bergerak satu petak ke segala arah. Raja juga memiliki gerakan khusus yang disebut rokade yang turut melibatkan sebuah benteng.
• Benteng dapat bergerak sepanjang petak horizontal maupun vertikal, tetapi tidak dapat melompati bidak lain. Seperti yang telah di atas, benteng terlibat dalam gerakan rokade.
• Gajah dapat bergerak sepanjang petak secara diagonal, tetapi tidak dapat melompati bidak lain.
• Ratu memiliki gerakan kombinasi dari Benteng dan Gajah.
• Kuda memiliki gerakan mirip huruf L, yaitu memanjang dua petak dan melebar satu petak. Kudalah satu-satunya bidak yang dapat melompati bidak-bidak lain.
• Pion dapat bergerak maju (arah lawan) satu petak ke petak yang tidak ditempati. Pada gerakan awal, pion dapat bergerak maju dua petak. Pion juga dapat menangkap bidak lawan secara diagonal, apabila bidak lawan tersebut berada satu petak di diagonal depannya. Pion memiliki dua gerakah khusus, yaitu gerakan menangkap en passant dan promosi.
Rokade

Contoh rokade
Rokade (dalam bahasa Inggris, castling) merupakan gerakan khusus dalam catur di mana Raja bergerak dua petak menuju Benteng di baris pertamanya, kemudian meletakkan Benteng pada petak terakhir yang dilalui Raja. Persyaratan rokade adalah sebagai berikut:
• Bidak Raja dan Benteng yang akan dilibatkan dalam rokade harus belum pernah bergerak
• Tidak ada bidak lain di antara Raja dan Benteng
• Raja tidak sedang di-skak, dan petak-petak yang dilalui Raja tidak sedang diserang oleh bidak lawan
Hal-hal berikut ini merupakan kesalah pengertian dalam rokade, yang semestinya tidak berlaku:
• Bidak benteng yang terlibat rokade sedang diserang
• Jika benteng yang dilibatkan berada di sisi Ratu, petak yang berada persis di samping Benteng tersebut tidak boleh dalam serangan

En passant

Contoh gerakan pion: promosi (kiri) dan en passant (kanan)
Ketika pion bergerak dua petak maju dan ada pion lawan yang berada satu petak dalam baris tujuan, maka pion lawan dapat menangkap dan menempati petak yang baru saja dilalui pion tersebut (seolah-olah pion tersebut bergerak satu petak maju). Namun demikian, gerakan ini hanya dapat dilakukan sesaat setelah gerakan pion maju dua petak, atau hak lawan untuk melakukan gerakan en passant ini hilang.
Promosi
Ketika pion telah maju hingga menempati baris paling akhir, berbarengan dengan gerakan maju tersebut, pion dipromosikan dan harus ditukar dengan bidak berdasarkan keinginan pemain, yaitu Ratu, Benteng, Gajah, ataupun Kuda dengan warna yang sama. Pada umumnya, pion dipromosikan menjadi Ratu. Tidak ada peraturan yang membatasi bidak yang dipilih sebagai promosi, jadi dimungkinkan memiliki bidak yang melebihi jumlahnya waktu awal permainan (semisal, dua Ratu).
Skak
Ketika Raja sedang diserang oleh satu atau lebih bidak lawan, keadaan ini disebut dengan skak. Pemain yang Rajanya diskak harus menggerakkan Rajanya supaya tidak terserang. Hal ini dapat dilakukan dengan menangkap bidak lawan yang menyerang, menutup serangan lawan dengan menempatkan sebuah bidak di antaranya (apabila yang menyerang Ratu, Benteng, atau Gajah dan ada petak kosong di antara Raja dan bidak lawan), atau memindahkan Raja ke petak yang tidak sedang diserang. Rokade tidak diijinkan apabila Raja sedang diskak.

Tentang Permainan Catur

Dari kiri ke kanan, raja putih, benteng dan menteri hitam, pion putih, kuda hitam, dan gajah putih.
Untuk kegunaan lain dari Catur, lihat Catur (disambiguasi).
catur juga berarti "empat" dalam angka Sanskerta
Catur adalah permainan mental yang dimainkan oleh dua orang. Pecatur adalah orang yang memainkan catur, baik dalam pertandingan satu lawan satu maupun satu melawan banyak orang (dalam keadaan informal). Sebelum bertanding, pecatur memilih biji catur yang akan ia mainkan. Terdapat dua warna yang membedakan bidak atau biji catur, yaitu hitam dan putih. Pemegang buah putih memulai langkah pertama, yang selanjutnya diikuti oleh pemegang buah hitam secara bergantian sampai permainan selesai